Rumah Minimalis

Bawang Goreng Indonesia Bikin Orang Singapura Ketagihan


Siapa sangka bawang goreng asli Indonesia yang sering jadi taburan mie goreng atau masakan apapun, membuat warga Singapura jadi ketagihan.

Dalam Suatu Bazar Geylang Singapura, warga Singapura sangat antusias dalam memborong bawang goreng. “Yang paling laku bawang goreng,” kata Dewi salah seorang penjual di Paviliun Indonesia, baru-baru ini.

Menurut Dewi, tingginya minat pada bawang goreng Indonesia, karena di Singapura sulit menemukan bawang merah karena yang paling banyak dijumpai adalah bawang bombay.
Dalam sehari, pengusaha UKM asal Kota Tanjungpinang mampu menjual sampai 100 kantong bawang goreng dengan kapasitas setengah ons per kantong. Setiap kantong dibanderol seharga 2 dolar Singapura atau sekitar Rp 15.000. Di Indonesia, biasanya, ukuran yang sama dihargai Rp 3.000-4.000 per kantong.

Dewi mengatakan, setiap dua hari dia balik ke Tanjungpinang untuk mengambil bawang goreng untuk stok. Dia bahkan punya merek sendiri, Aroma. Selain itu, juga telah mendapatkan sertifikasi halal, izin dinas kesehatan dan izin makanan impor Singapura.
Pelaku UKM lainnya, Fartiana juga mengaku bawang goreng dan kerupuk gonggong paling laku saat ini. Dia pun menargetkan untuk menjual bawang goreng dalam partai besar untuk ekspor. Tidak lagi seperti saat ini dalam bentuk jualan skala kecil.

Bahkan, kata dia, beberapa pengusaha Singapura tertarik mengembangkan bisnis bawang goreng tersebut dengan menjual produknya.